Skip to content
pedoman berita

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. keberadaan media online berita istana di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan perseorangan.

Media berita istana memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) bersama organisasi pers, pengelola media berita istana, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media berita istana sebagai berikut:

Pencabutan Berita & Iklan
a42ab44a-dfd4-4490-9d11-5cebdbcc1efc (Copy)

sebuah. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Organisasi Pers.

sebuah. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media berita istana tertentu disebarluaskan media berita istana lain, maka:

  1. Media berita Istana wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
  2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan “advertorial”, “iklan”, “ads”, “sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

Hak Cipta: Media berita istana wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang undangan yang berlaku.

Pencantuman Pedoman: Media berita istana wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media berita istana ini di medianya secara terang dan jelas.

Dikelola oleh:
BIRO PERS, MEDIA, DAN INFORMASI SEKRETARIAT ISTANA NEGARA

Rejosari RT 003/00, Gilirejo Baru, Miri, Sragen, Jawa Tengah, Indonesia Kode Pos 57276

Email: ptberitaistananegara@gmail.com | redaksiistananegara@gmail.com
Telepon: +62 852-5751-5757

© 2024 Berita Istana TV. All Rights Reserved. Published by www.eda.co.id